Budi Utomo adalah: sejarah, tujuan, sebab dan struktur

Budi Utomo adalah: sejarah, tujuan, sebab dan struktur

Pahami Budi Utomo

Boedi Oetomo (Budi Utomo) adalah salah satu organisasi pemuda di Hindia Belanda (sekarang Indonesia), juga diketuai oleh Dr. Soetomo dan mahasiswa Stovia lainnya seperti Goenawan Mangoenkoesoemo dan Soeradji yang didirikan pada tanggal 20 Mei 1908, Wahidin Soediroehusodo. Budi Utomo juga sosial, ekonomi dan juga budaya dan tidak berpolitik. Organisasi Budi Utomo menjadi tonggak munculnya berbagai kalangan terpelajar di Indonesia.

Budi-Utomo-adalah-sejarah-tujuan-sebab-dan-struktur

Selain itu, Budi Utomo dibentuk dari siswa Stovia yang dijalankan oleh siswa dari Sekolah Peternakan dan Pertanian Bogor, Sekolah Guru Bandung, Sekolah Pegawai Negeri Magelang atau Probolinggo dan Sekolah Sore Dewasa di Surabaya. Nama Budi Utomo juga diusulkan oleh Soeradji. Budi Utomo sendiri memiliki motto Indie Vooruit (Hindia Maju).

Tujuan-Budi-Utomo

Sejarah berdirinya Budi Utomo

Terbentuknya Budi Utomo juga muncul dari perjalanan Dr. Wahidin Sudirohusodo yang mengorganisir kampanye di kalangan Priyayi Jawa dari tahun 1906-1907. Kampanye Wahidin bertujuan agar Priyayi sadar bahwa pelajar adalah orang terpelajar yang membutuhkan bantuan dana untuk pendidikan. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia. Peningkatan tersebut akan datang melalui pembentukan dana siswa, yang bertanggung jawab untuk mendanai kaum muda yang cerdas tetapi tidak dapat melanjutkan pendidikan tinggi mereka.

Di penghujung 1907, Wahidin juga bertemu dengan Soetomo. Dari pertemuan ini, Soetomo akan melanjutkan perbincangannya dengan Wahidin dan kawan-kawannya di Stovia, menjelaskan maksud dan tujuan dari penjelasan Dr. Wahidin.

Tujuan awalnya hanyalah untuk menciptakan sebuah institusi yang akan dikelola baik untuk mahasiswa sarjana dan pascasarjana. Ini kemudian berkembang menjadi organisasi kemahasiswaan. Istilah Budi Utomo sendiri terdiri dari Akata yaitu Budi yang juga berarti temperamen atau budi pekerti, dan Utomo yang juga berarti baik atau luhur. Jadi Budi Utomo juga bisa diartikan sebagai perkumpulan yang akan mencapai keluhuran seperti itu.
Lihat juga: Futsal: definisi, aturan, teknik, sejarah

Pada hari Minggu, 20 Mei 1908 pukul 09.00 WIB yang bertempat di salah satu ruang kuliah Stovia, Soetomo akan memaparkan gagasannya untuk pembentukan organisasi kepemudaan. Ia juga mengatakan bahwa masa depan bangsa ini, dan negara ini juga, terletak pada pemuda. Atas dasar itulah lahirlah organisasi Budi Utomo. Saat itu, para remaja juga menyadari bahwa mereka tidak hanya harus mengatur diri sendiri, tetapi juga harus menyadari bahwa tugasnya sebagai mahasiswa kedokteran sangat beragam. Mereka juga beranggapan bahwa kaum tua harus memimpin organisasi ini sedangkan kaum muda menjadi pelopor gerakan yang akan memajukan organisasi Budi Utomo.

Dalam sepuluh tahun pertama, Budi Utomo kerap melihat beberapa kali pergantian pimpinan organisasi. Sebagian besar pemimpinnya berasal dari kalangan Priyayi atau bangsawan dari kalangan keraton, seperti Raden Adipati Tirtokoesumo dan Pangeran Ario Noto Dirodjo.

Tujuan berdirinya Budi Utomo

Tujuan didirikannya Organisasi Piala Budi Utomo adalah untuk meningkatkan harkat dan martabat bangsa dan juga bangsa. Peningkatan ini akan dilakukan melalui pembentukan Dana Mahasiswa, yaitu sebuah lembaga yang dapat digunakan untuk mendanai anak muda cerdas yang tidak mampu untuk terus menjalankan sanggar. Di penghujung tahun 1907, Dr. Wahidin bertemu dengan Sutomo, mahasiswi STOVIA yang ada di Jakarta. Berdasarkan pertemuan ini, Sutomo akan berbagi dengan teman-teman di STOVIA tentang maksud dan tujuan Dr. Wahidin.

Tujuan awal sederhananya untuk menyiapkan dana mahasiswa, yang harus diperluas sedemikian rupa sehingga organisasi Budi Utomo bisa didirikan. Istilah Budi Utomo terdiri dari, kata Budi juga berarti temperamen atau budi pekerti dan Utomo artinya baik atau mulia. Menurut pendirinya, Budi Utomo adalah perkumpulan yang akan mencapai sesuatu yang dilandasi oleh keluhuran, temperamen atau budi pekerti yang baik.

 

 

 

LIHAT JUGA

https://www.wboc.com/story/43455665/12-best-bokeh-video-editing-applications-for-android-phones
https://www.wboc.com/story/43455663/10-bokeh-video-applications-and-download-links-free
https://www.wboc.com/story/43455642/12-free-bokeh-video-applications-with-interesting-features
https://www.wboc.com/story/43455664/6-of-the-best-and-free-iphone-bokeh-video-applications
https://canvas.emerson.edu/eportfolios/38988/Home/Easy_Ways_to_Make_Bokeh_Videos_and_Recommended_Editing_Applications
https://canvas.mooc.upc.edu/eportfolios/1977/Home/10_Android_and_iPhone_Bokeh_Video_Applications_with_Natural_Effects
https://exedprograms.kellogg.northwestern.edu/eportfolios/348/Home/10_Fullfeatured_Bokeh_Video_Applications_for_Android
https://canvas.uccs.edu/eportfolios/9755/Home/The_Most_Recommended_Bokeh_Video_Editing_Application_for_Android
https://canvas.spu.edu/eportfolios/20923/Home/A_MustHave_Bokeh_Video_Application_for_YouTubers
https://canvas.oli.cmu.edu/eportfolios/437/Home/Most_Popular_Bokeh_Video_Application
https://exposicionesmapfrearte.com/
https://merekbagus.co.id/
https://excite.co.id/

About

You may also like...

Comments are closed.