Cara memeriksa apakah ada driver yang tidak diinstal di Windows 10, 8, 7

Cara memeriksa apakah ada driver yang tidak diinstal di Windows 10, 8, 7

Salah satu masalah umum yang dihadapi pengguna Windows adalah tidak semua driver diinstal dengan benar. Karena driver adalah program penggerak perangkat keras pada PC dan laptop kita, perangkat keras tertentu tidak akan berjalan.

Cara-memeriksa-apakah-ada-driver-yang-tidak-diinstal-di-Windows-10,-8,-7

Setelah penginstalan baru, ada perbedaan mencolok antara Windows 7, 8, dan 10. Dari semua versi sistem operasi, Windows 10 paling mengenali driver. Biasanya setelah menginstall Windows 10 dan full update, hampir semua driver sudah terpasang dengan baik.

Berbeda jika Anda baru menginstall Windows 7 atau 8 lalu ada beberapa driver yang tidak terpasang dan perlu dipasang secara manual. Biasanya driver harus dipasang: driver tampilan (VGA), sensor biometrik, pembaca kartu, Ethernet (LAN) dan bahkan WLAN.

Oleh karena itu, kita perlu mengetahui driver mana yang tidak diinstal di Windows dan kemudian menginstal versi driver yang benar. Bagaimana? Technocentric akan menggunakan kesempatan ini untuk memberikan tutorial untuk Anda.
Cara memeriksa driver yang tidak diinstal di Windows

1. Buka Device Manager

Langkah pertama adalah membuka program Device Manager di komputer Anda. Di Windows 10, klik tombol Start, ketik device manager, lalu klik aplikasi Device Manager yang muncul di bilah mulai. Di Windows 7, tekan Mulai + R> ketik devmgmt.msc> OK.

2. Temukan driver yang belum diinstal

Di Device Manager Anda akan melihat daftar semua perangkat di komputer. Kemudian yang harus kita lakukan adalah mencari tahu driver mana yang bermasalah atau tidak diinstal. Properti driver yang belum diinstal biasanya memiliki deskripsi perangkat yang tidak diketahui dan tanda seru di ikonnya. Lihat gambar dibawah ini:
Cara mengetahui driver mana yang tidak diinstal di Windows

Beberapa perangkat terkadang memiliki nama yang lebih deskriptif, tetapi jika driver tidak diinstal atau mengalami masalah (tidak berfungsi dengan benar) masih akan ada tanda seru. Ini adalah patokan cepat untuk menemukan driver bermasalah di Windows.

3. Identifikasi pada perangkat

Langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi perangkat keras yang drivernya tidak diinstal. Tujuannya agar kita bisa menemukan versi driver yang benar nantinya. Di posting sebelumnya, kami menjelaskan prosedur lengkapnya. Baca di halaman ini: Cara menemukan driver yang sesuai di Windows

4. Temukan versi driver yang benar

Setelah kami menemukan ID perangkat, yang harus kami lakukan hanyalah mencari driver yang sesuai. Cara termudah adalah dengan menggunakan situs http://driverpacks.net/.

Buka situs dengan browser di komputer Anda, tempel ID perangkat di kotak pencarian, dan klik tombol Cari. Kemudian unduh driver yang sesuai untuk versi Windows dan arsitektur yang digunakan (32-bit atau 64-bit).
Cara mengunduh driver yang sesuai di Windows 10

5. Instal driver

Setelah driver yang sesuai sudah diunduh, instal driver tersebut pada laptop atau PC yang digunakan. Proses penginstalan sesuai dengan penginstalan normal program.

6. Hidupkan ulang komputer

Langkah terakhir setelah berhasil menginstal driver adalah merestart komputer agar perubahan dapat diterapkan dengan sempurna. Restart komputer Anda dan setelah restart perangkat keras siap digunakan. Ulangi langkah di atas pada perangkat lain yang tidak memiliki driver yang diinstal.

 

 

Lihat Juga :

 

 

About

You may also like...

Comments are closed.