Definisi arbitrase: Menurut para ahli, perbedaan, contoh

Definisi arbitrase: Menurut para ahli, perbedaan, contoh

Definisi arbitrase

Definisi KONSILIASI adalah upaya untuk menyelesaikan setiap perselisihan atau perselisihan antara para pihak dengan melibatkan pihak netral yang disebut KONSILIATOR yang akan mencari hub (penyelesaian atau kesepakatan) yang akan mempertemukan keinginan para pihak yang berselisih.

Definisi-arbitrase-Menurut-para-ahli-perbedaan-contoh
Perbedaan Antara Rekonsiliasi dan Mediasi

rekonsiliasi

Arbitrase adalah proses di mana para pihak yang bersengketa setuju untuk menggunakan seorang arbiter yang kemudian bertemu para pihak secara terpisah untuk menyelesaikan perbedaan mereka. Arbitrase berbeda dengan arbitrase karena prosedur arbitrase itu sendiri tidak memiliki posisi hukum dan arbiter biasanya tidak diberi wewenang untuk mencari bukti atau memanggil saksi, menuliskan keputusan dan tidak mengeluarkan putusan arbitrase.

Merenungkan

Mediasi merupakan metode penyelesaian sengketa antara dua pihak atau lebih yang memiliki implikasi nyata. Biasanya pihak ketiga, mediator, mendukung para pihak dalam menegosiasikan penyelesaian. Perselisihan dapat memediasi perselisihan di berbagai bidang termasuk masalah komersial, hukum, diplomatik, pekerjaan, komunitas, dan keluarga. Istilah “mediasi” umumnya mengacu pada setiap kasus di mana pihak ketiga membantu orang lain untuk mencapai kesepakatan. Secara khusus, mediasi memiliki struktur, jadwal, dan dinamika yang tidak dimiliki oleh negosiasi “normal”. Proses ini bersifat pribadi dan rahasia serta dapat ditegakkan oleh hukum. Partisipasi biasanya bersifat sukarela. Mediator bertindak sebagai pihak ketiga yang netral dan memfasilitasi proses alih-alih mengarahkannya.

Definisi arbitrase oleh para ahli

Peter Behrens: 1992

Definisi arbitrase adalah cara yang lebih formal untuk menyelesaikan sengketa daripada mediasi. Keputusan yang kemudian dibuat melalui mediasi tidak mengikat.

Undang-Undang Nomor 30 Tahun 1999

Yang dimaksud arbitrase adalah proses menemukan perdamaian di luar pengadilan atau mengambil langkah-langkah untuk menghindari gugatan di kemudian hari.

Lembaga hukum internasional

Pengertian rekonsiliasi adalah cara penyelesaian sengketa yang intens melalui panitia atau melalui dukungan negara lain, yang kemudian tidak memihak.
Contoh arbitrase adalah

Contoh konkrit arbitrase adalah penyelesaian sengketa antara Thailand dan Prancis, di mana kedua pihak sepakat untuk membentuk komite arbitrase untuk membahas perbatasan Thailand dan Kamboja. Kamboja sendiri pada waktu itu adalah wilayah Perancis, jadi sengketa ini menyangkut Thailand dengan Perancis dan bukan Thailand dengan Kamboja.
Proses penyelesaian sengketa melalui arbitrase

Penyelesaian sengketa melalui arbitrase melalui intervensi pihak ketiga. Pihak ketiga yang akan campur tangan biasanya negara, tetapi bisa juga berupa komisi yang dibentuk oleh para pihak. Komisi arbitrase yang dibentuk oleh para pihak dapat dilembagakan atau ad hoc dan kemudian menciptakan kondisi pemrosesan yang diterima oleh para pihak. Namun keputusan komisi arbitrase tidak mengikat para pihak.

Dalam praktiknya, proses penyelesaian sengketa melalui arbitrase mirip dengan mediasi. Perbedaan antara kedua metode ini adalah arbitrase memiliki hukum acara yang lebih formal daripada mediasi. Karena arbitrase biasanya melibatkan beberapa tahapan, yaitu penyerahan sengketa kepada komisi arbitrase, komisi mendengarkan pernyataan lisan para pihak dan mengandalkan fakta yang disampaikan secara lisan oleh para pihak. Komisi arbitrase menyampaikan laporan kepada para pihak. dan penyelesaian sengketa yang diusulkan.
Lihat juga: Age of Praaksara

Contoh arbitrase adalah sengketa antara Thailand dan Prancis. Kedua belah pihak sepakat untuk membentuk komisi arbitrase. Dalam hal ini, Thailand selalu mengklaim sebagian dari Laos dan Kamboja yang berada di bagian timur perbatasannya. Karena Laos dan Kamboja adalah protektorat Prancis pada waktu itu, konflik ini muncul antara Thailand dan Prancis.
Fitur, kekuatan, dan kelemahan dari perselisihan penghiburan

Sifat karakteristik:

Identifikasi masalah dan pahami fakta dan keadaan
Diskusikan masalah
Pahami kebutuhan para pihak
Capai kesepakatan yang dapat diterima satu sama lain

cacat

Alternatif penyelesaian sengketa melalui arbitrase adalah bahwa keputusan lembaga arbitrase tidak mengikat dan oleh karena itu bergantung secara eksklusif pada para pihak yang bersengketa.

manfaat

Cepat,
Murah dan
Efektif

 

 

LIHAT JUGA :

http://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/bokeh/

https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/bokeh/

https://www.sudoway.id/bokeh/

http://serisekarsari.bm.uma.ac.id/2021/03/01/alight-motion-pro/

http://serisekarsari.bm.uma.ac.id/2021/03/01/aplikasi-efek-bokeh/

http://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/alight-motion-pro-apk/

https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/alight-motion-pro/

http://rosdiana.stkipdamsel.ac.id/bokeh/

http://ayurf.blog.unjaniyogya.ac.id/bokeh/

http://pgpaud.fip.unp.ac.id/10-aplikasi-video-bokeh-android/

About

You may also like...

Comments are closed.