Flashback, Ini 10 Momen Terbaik Google Play Store Sepanjang 10 Tahun

Google Play Store memasuki tahun kesepuluh. Sejak didirikan pada tahun 2012, satu dekade atau sekarang, lebih dari 2,5 miliar orang di lebih dari 190 negara menggunakan Google Play setiap bulan untuk menemukan aplikasi, game, dan berbagai konten digital. Dan lebih dari dua juta pengembang dari seluruh dunia bekerja sama untuk menciptakan bisnis mereka sendiri dan menjangkau orang-orang di seluruh dunia.

Untuk merayakan ulang tahun ke-10 Google Play, berikut adalah 10 pencapaian dan fitur favorit kami selama satu dekade terakhir di Indonesia dan di seluruh dunia:

Cara baru untuk menikmati aplikasi dan game

Pertama, tahun lalu, Google meluncurkan Google Play Points di Indonesia, yang memungkinkan orang Indonesia mendapatkan poin dan reward untuk pembelian dalam aplikasi, film, buku, langganan, dan aktivitas lainnya di Play Store.

Selain itu, pengguna juga dapat menukarkan poinnya dengan item khusus dan diskon kapan saja di aplikasi pertama yang tersedia. Hingga saat ini, lebih dari 100 juta orang di seluruh dunia telah bergabung dengan program ini.

Rayakan aplikasi dan game favorit Anda

Setiap tahun, Google Play menerbitkan Penghargaan Terbaik tahunan, yang mengakui aplikasi, game, dan konten terbaik lainnya. Selama bertahun-tahun, inisiatif ini telah tersedia di 19 negara, termasuk Indonesia, dan telah menambahkan kategori baru seperti Permata Tersembunyi Terbaik dan Aplikasi Terbaik untuk Kebaikan.

Google juga memperkenalkan Penghargaan Pilihan Pengguna sehingga orang dapat memilih judul favorit mereka dan mengenali pengembang yang membuat aplikasi dan game yang mereka sukai. Tahun ini, Google juga meningkatkan dukungannya dan merayakan pengembang lokal dengan membagikan pilihan kami di halaman Sorotan #MadeinIndonesia di Google Play.

Google juga mengatakan bahwa ia bekerja keras dan membantu komunitas pengembang untuk menghadirkan aplikasi dan game kepada orang-orang di seluruh dunia, menciptakan lapangan kerja baru, dan mendukung ekonomi lokal. Bahkan, lebih dari 10.000 developer Indonesia telah membangun bisnis di Google Play.

Bantu kembangkan talenta digital Indonesia

Dikatakan bahwa jutaan konsumen beralih ke Google Play untuk aplikasi dan game berkualitas. Sebagai bentuk keterlibatan dengan Indonesia, Google juga menawarkan berbagai program dan inisiatif pelatihan keterampilan pengembang. Dari Android Pursuit to Rise hingga Google Play Academy, inisiatif kami telah melatih 200.000 developer di seluruh negeri hingga saat ini.

Peningkatan Keterampilan Pengembang

Google Play telah berinvestasi untuk membantu komunitas pengembang mengembangkan bisnis mereka, memberikan saran teknis dan bisnis, serta mendukung studio kecil melalui inisiatif seperti program Indie Games.

Penyediaan alat kelas dunia untuk pengembang

Berinvestasi di Google Play juga memastikan bahwa pengembang memiliki akses ke alat terbaru untuk mengembangkan bisnis mereka, seperti:

Tujuannya adalah untuk membantu pengembang mengembangkan bisnis mereka dengan menghubungkan mereka secara instan dan mudah dengan lebih dari 2,5 miliar orang di seluruh dunia.

Ruang aman dan andal

Google Play Protect, antimalware bawaan Android, memindai dan memverifikasi lebih dari 100 miliar aplikasi di seluruh dunia setiap hari untuk melindungi perangkat, data, dan aplikasi.

Dan awal tahun ini, Google juga meluncurkan bagian baru tentang keamanan data, yang mengharuskan pengembang untuk memberikan lebih banyak informasi kepada orang-orang tentang cara aplikasi mereka mengumpulkan, membagikan, dan melindungi data.

Sumber Daya Induk

Tab “Anak” di Google Play memungkinkan orang tua dengan mudah menemukan dan memilih aplikasi “Direkomendasikan Guru”, yang diberi peringkat berdasarkan banyak faktor, termasuk:

Selain itu, Family Link memberi orang tua alat yang mereka butuhkan untuk tetap terlibat dan mengelola pengalaman online anak-anak mereka.

Gaya baru

Untuk mengakhiri dekade ini, Google juga memperkenalkan logo baru yang lebih mencerminkan keajaiban Google dan sesuai dengan co-branding dari banyak produk berguna seperti Penelusuran, Asisten, Foto, Gmail, dan lainnya.

“Terima kasih kepada semua orang, komunitas, dan developer di Indonesia yang telah mempercayai Google Play selama 10 tahun terakhir. Khusus untuk memperingatinya, yang sudah bergabung dengan Google Play Points bisa mendapatkan 10x lebih banyak poin untuk semua pembelian dengan mengaktifkan booster point,” jelas Google dalam siaran persnya.

Sumber:

About

You may also like...

Comments are closed.