Pengertian 3 Jenis Conversation Dalam Bahasa Inggris

3 jenis percakapan bahasa Inggris yang harus Anda ketahui

jenis-conversation

Percakapan adalah komponen pembelajaran berbicara atau berbicara dalam bahasa Inggris yang harus dikuasai selain keterampilan bahasa Inggris lainnya seperti membaca, mendengarkan, dan menulis. Namun sobat KBI mengetahui bahwa ada 3 jenis percakapan atau percakapan dalam bahasa Inggris dan perlu kita ketahui agar dapat menguasai sendiri komponen-komponen percakapan tersebut. Jenis apa saja yang ada? Konsentrat

Pahami 3 Jenis Percakapan dalam Bahasa Inggris yang Harus Anda Ketahui

Percakapan adalah pertukaran ide-ide informal dari satu orang ke orang lain. Jadi percakapan adalah suatu bentuk pertukaran informasi atau ide dari satu orang ke orang lain. Percakapan itu sendiri lebih merupakan kegiatan informal (tidak resmi) dan 3 jenis percakapan yang perlu teman-teman KBI ketahui adalah:

1. Percakapan struktural

Percakapan struktural adalah jenis percakapan dalam bahasa Inggris, tetapi menurut tata bahasa. Jadi grammar merupakan elemen yang sangat penting dalam sebuah percakapan.

Contoh:

  • John: Marta, bolehkah saya meminjam buku Anda? (Marta, bolehkah aku meminjam bukumu?)
  • Marta: Ya, Anda bisa. (Ya silahkan)
  • John: Oke, terima kasih banyak. (Oke, terima kasih banyak)
  • Marta: Pelayan! dua cangkir kopi tolong! (Pelayan tolong pesan 2 cangkir teh)

* Penjelasan: Struktur kalimatnya sangat rapi dan sesuai dengan grammar atau tata bahasa dalam bahasa Inggris, ini disebut percakapan struktural.

2. Percakapan fungsional

Percakapan fungsional adalah jenis percakapan dalam bahasa Inggris yang bertujuan untuk membangun kemampuan seseorang dalam memfungsikan suatu bahasa sesuai dengan keadaan atau situasi.

Contoh:

  • John: Marta, bolehkah aku meminjam bukumu? (Marta, bolehkah aku meminjam bukumu?
  • Marta: dengan senang hati! (dengan senang hati)
  • Johan: wah terima kasih! (Oh terima kasih)
  • Marta: tunggu! 2 cangkir kopi tolong

* Penjelasan: Bahasa dialog lebih santai daripada percakapan struktural, karena bahasa dalam percakapan fungsional disesuaikan dengan adegan dan suasana.

3. Diskusi situasi

Dalam percakapan situasional, kita menggunakan bahasa yang sesuai dengan situasi. Contoh penggunaan bahasa di kantor pasti berbeda dengan bahasa yang kita gunakan di mall.

Contoh:

  • John: Marta, bolehkah saya meminjam buku Anda? (Marta, bolehkah aku meminjam bukumu?)
  • Marta: Ya silakan
  • John: terima kasih banyak (terima kasih banyak)
  • Marta: Pelayan! 2 kopi tolong! (Pelayan, 2 cangkir kopi ya)

* Penjelasan:

Dalam percakapan atau dialog di atas, bahasa yang digunakan lebih santai dan tidak memperhatikan struktur struktur percakapan. Contoh kata 2 kopi sebenarnya adalah kalimat yang salah karena kopi tidak terhitung banyaknya jadi digunakan cangkir tapi tidak masalah karena bahasa yang digunakan di restoran tempat kita biasa menggunakannya.

Apakah kamu mengerti, Sahabat KBI? Perlu sobat KBI ingat bahwa percakapan dalam bahasa Inggris terbagi menjadi 3 yaitu percakapan struktural, percakapan fungsional, dan percakapan terakhir adalah percakapan situasional. Latihan terus ya

Sumber :

About

You may also like...

Comments are closed.