Laptop lemot? Inilah Lima Penyebab Utama dan Cara Mengatasinya

Elemen praktis dan portabel dari laptop membuatnya diminati di antara sebagian besar orang saat ini. Banyak orang beralih ke laptop daripada menggunakan PC sesuai kebutuhan.

Meskipun lebih nyaman dan dapat dibawa ke mana saja, laptop dapat mengalami penurunan kinerja seiring waktu. Salah satunya adalah kinerja laptop yang lambat.

Laptop-lemot-Inilah-Lima-Penyebab-Utama-dan-Cara-Mengatasinya

Berikut Ini Telah Kami Kumpulkan Yang Bersumber Dari Laman https://www.blogpress.id/ Yang Akhirnya Saya Tuliskan Disini.

Beberapa faktor penyebab laptop lemot:

Terlalu banyak program startup
Usia hard drive yang terlalu tua
Hard disk terlalu penuh, ruang penyimpanan terlalu kecil
Terlalu banyak add-on browser
Terlalu banyak aplikasi yang berjalan pada waktu yang bersamaan
Browser Terlalu banyak tab yang terbuka
Laptop terinfeksi virus
RAM laptop terlalu kecil
Antivirus laptop terlalu aktif
Anda jarang mengupdate sistem operasi di laptop Anda.

Cara mengatasi laptop lemot

Penyebab laptop lambat dan cara memperbaikinya dijelaskan di bawah satu per satu:

Cara Mengatasi Laptop Lambat Saat Browsing

Kasus pertama adalah laptop lambat saat browsing. Bagaimana cara mengatasinya? Saat berselancar atau berselancar di internet, kita sering merasa laptop kita lebih lambat atau lebih lambat dari biasanya.

Idealnya kita ingin memiliki akses internet yang cepat untuk dapat memenuhi berbagai kebutuhan. Cara mengatasi laptop lambat saat browsing:

1. Optimalkan browser

Cara mengatasi laptop lambat di browser

Browser bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan laptop Anda melambat. Pemilihan browser sangat penting untuk mendukung performa laptop sesuai spesifikasi laptop kita.

Browser Google Chrome dan Mozilla Firefox adalah dua browser paling populer saat ini. Namun, jika spesifikasi laptop Anda minim, alihkan ke browser yang lebih ringan.

Misalnya, menggunakan browser Palemoon bisa menjadi alternatif. Selain itu, history dan cache, yang merupakan tumpukan data sejak scan pertama, harus dihapus agar tidak menambah beban pada laptop.

Ini bagus untuk browser, Anda secara teratur membersihkan cache dan riwayat. Terlalu banyak add-on atau aplikasi tambahan tidak disarankan di browser.

Terlalu banyak add-on juga dapat memengaruhi kecepatan kinerja laptop. Laptop lambat juga dapat terjadi di browser yang membuka banyak tab.

Solusinya, tentu saja, adalah menutup tab dan tidak membuka tab lagi.

2. Matikan aplikasi apa pun selain browser

Berurusan dengan laptop lambat dengan mematikan aplikasinya

Terkadang keadaan memaksa kita untuk melakukan banyak tugas (menjalankan dua atau lebih program / aplikasi secara bersamaan) untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat.

Dalam hal ini, lebih baik menutup program lain dan berkonsentrasi pada browser yang sedang dijelajahi untuk mengurangi beban pada RAM.

3. Lindungi laptop Anda dengan antivirus

Cara mengatasi antivirus di laptop lambat

Salah satu penyebab laptop lemot saat berselancar adalah infeksi virus atau malware. Itu sebabnya kami menggunakan antivirus untuk menangkal ini.

Namun, ada juga banyak program perlindungan virus yang membutuhkan banyak memori untuk membuat laptop menjadi lebih lambat. Secara khusus, jika program antivirus memiliki fitur keamanan internet, kinerja laptop bisa lebih tinggi.

Jadi gunakan antivirus yang efektif dan ringan. Cukup gunakan antivirus dan tidak akan memakan terlalu banyak memori. Misalnya Antivirus dari Indonesia, Smadav.

  Lihat Juga : download scribd

About

You may also like...

Comments are closed.