Mark Zuckerberg Usai WA, IG, FB Down: Saya Tahu Anda

Mark Zuckerberg ke WA, IG, FB Down: Saya tahu Anda mengandalkan kami

mark-zuckerberg

Pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg akhirnya angkat bicara setelah menggunakan layanan WhatsApp, Instagram, dan Facebook dari Senin (4 Oktober pukul 22:31 hingga Selasa pagi (5 Oktober) pukul 5:34 pagi WIB selama lebih dari 7 jam terputus.

Mark Zuckerberg meminta maaf kepada publik atas gangguan yang muncul di sepanjang jalan. Di sisi lain, kata dia, banyak orang mengandalkan WhatsApp, Instagram, dan Facebook untuk tetap terhubung.
Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Messenger kini online kembali. Maaf atas gangguan hari ini – Saya tahu betapa Anda mengandalkan layanan kami untuk tetap berhubungan dengan orang-orang yang Anda sayangi.

-Mark Zuckerberg, CEO Facebook-

Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Messenger kini online kembali. Maaf mengganggu Anda hari ini – saya tahu betapa Anda mengandalkan layanan kami untuk tetap berhubungan dengan orang-orang yang Anda sayangi.
Diposting oleh Mark Zuckerberg pada Senin 4 Okt 2021

Zuckerberg tidak menjelaskan penyebab malfungsi yang terjadi di keluarga aplikasi Facebook. Namun, divisi analisis Internet Cisco ThousandEyes mengatakan di Twitter bahwa pengujian mereka menunjukkan bahwa crash Facebook kali ini disebabkan oleh kesalahan DNS.

Dane Knecht, wakil presiden senior Cloudflare, menemukan bahwa ada kesalahan dalam rute protokol gateway ke Facebook yang tidak dapat merespons aktivitas layanan. Cloudflare sendiri merupakan penyedia layanan keamanan internet untuk pengiriman konten.

DNS dibandingkan dengan buku alamat atau buku telepon di dunia Internet. Ini meneruskan browser web ke sistem komputer yang menyediakan situs web yang Anda cari.

Doug Madory, direktur analisis Internet di Kentik Inc., mengatakan bahwa perusahaan teknologi terkadang kehilangan konektivitas Internet saat memperbarui konfigurasi di jaringan mereka. Hal itu juga disaksikan oleh Fastly, perusahaan cloud computing Amerika, Juni lalu, yang mengalami pemadaman internet global selama sekitar 50 menit.
Namun, fakta bahwa perusahaan sebesar dan sumber daya Facebook telah offline selama lebih dari tiga jam menunjukkan bahwa tidak ada perbaikan cepat untuk masalah ini.
“Saya tidak tahu apakah saya pernah melihat pemadaman seperti itu di perusahaan Internet besar,” kata Madory, mengutip CNN.
WhatsApp, Instagram, dan Facebook sering mengalami crash intermiten sejak Facebook memutuskan untuk memasukkan layanan perpesanan ke dalam tiga aplikasi.

Sumber :

About

You may also like...

Comments are closed.