Contoh Membuat Sinopsis Novel

Contoh sinopsis – Kembali bersama kami, kabarkan.com dengan jelas menjelaskan materi tentang persetujuan sampel sebelumnya. Kali ini Kabarkan.com akan membahas materi Contoh Sinopsis – Pengertian, Ciri, Fungsi dan Cara Mengolahnya. Oke, jadi simak pembahasannya seperti ini.

Pahami sinopsis

Daftar isi adalah rangkuman suatu cerita atau suatu bentuk pemendekan suatu naskah, dengan perhatian khusus pada unsur intrinsik seperti tokoh dan tokoh, amanat, gaya bahasa, alur, dll.

 

Contoh-Membuat-Sinopsis-Novel

Berikut Ini Telah Kami Kumpulkan Yang Bersumber Dari Laman https://kabarkan.com/ Yang Akhirnya Saya Tuliskan Disini.

 

Singkatnya, industri, keindahan gaya linguistik, dan penjelasannya dapat dihilangkan dengan tetap mempertahankan konten dan ide umum penulisnya.

Sinopsis umumnya dapat digunakan sebagai prolog dalam sebuah naskah, baik naskah pendek maupun panjang untuk sebuah film, drama, dan pertunjukan teater.

Sinopsis dapat digunakan untuk memahami dan memahami secara singkat naskah yang sedang dilihat atau dibaca.

Dalam skrip umum, ringkasan mungkin terbatas pada jumlah halaman, mis. B. 1 sampai 2 halaman atau seperlima dari naskah asli.
Pahami sinopsis dalam novel

Rangkuman novel merupakan rangkuman dari cerita novel.

Rangkuman novel adalah bentuk singkatan dari sebuah novel dengan tetap memperhatikan unsur-unsur esensial novel tersebut. Cara membuat ringkasan adalah cara yang sangat efektif untuk menyajikan novel panjang dalam bentuk yang sangat pendek.

Dalam sinopsis novel perlu dihilangkan ilustrasi, keindahan gaya linguistik dan penjelasannya, tetapi isi pokok dan gagasan umum pegarang harus tetap dipertahankan.

Gambaran umum biasa dapat dibatasi oleh jumlah halaman, misalnya 3 atau 4 halaman, panjang seperlima atau sepersepuluh dari artikel asli.

Langkah-langkah Membuat Ringkasan Novel

Baca dan pahami teks asli untuk mendapatkan kesan umum tentang penulisnya.
Tuliskan ide kunci dengan menyoroti ide yang sangat penting.
Dialog dan karakter monolog cukup untuk menuliskan isi atau menemukan intinya.
Abstrak / ringkasan novel tidak boleh menyimpang dari alur dan isi keseluruhan novel.

Sifat sinopsis dalam novel

Berikut ciri-ciri dari rangkuman tersebut:

Perbuatan, perbuatan atau perbuatan harus diatur secara kronologis dan tepat. Representasi ikhtisar harus sesuai dengan representasi aslinya.
Bahasa yang digunakan harus mengutamakan aspek yang meyakinkan.
Ada ajakan atau motivasi bagi calon pembaca untuk membaca buku.
Secara singkat tunjukkan konflik yang sangat menarik untuk membangkitkan keingintahuan pembaca potensial.

Fungsi sinopsis

Dapat memberikan deskripsi yang sangat tepat dan ringkas tentang konten dalam naskah atau cerita.
Berikan gambaran yang cukup jelas secara sederhana mengenai urutan dan kronologi cerita.
Sebagai epilog dan prolog untuk naskah yang akan segera dibawakan.
Sebagai cetak biru pedoman bagi pemain atau aktor untuk berimprovisasi.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat membuat ringkasan, sebagai berikut:

Untuk memudahkan memulainya, kita bisa memberi tahu teman terlebih dahulu tentang ide utama cerita novel.
Plot atau jalur dalam cerita, tempat dan waktu terjadinya suatu peristiwa.
Karakterisasi aktor dalam sebuah cerita.

Langkah-langkah membuat ringkasan

Harus membaca script terlebih dahulu untuk mengetahui kesan mana yang paling penting dari penulis secara umum.
Dapat menuliskan gagasan utama dan menggarisbawahi gagasan utama yang paling penting.
Tulis ringkasan yang sesuai dalam gagasan utama yang ditemukan di langkah kedua.
Gunakan kalimat yang sangat jelas, efektif, mudah dipahami, dan juga menarik untuk membuat rangkaian cerpen yang dapat menggambarkan apa yang diceritakan pada komposisi aslinya.
Untuk menulis dialog dan monolog karakter, cukup dengan membuat sketsa.
Ringkasan yang dihasilkan tidak boleh berbeda dengan isi cerita secara keseluruhan.

Fungsi sinopsis

Perbuatan dan perbuatan itu harus diatur dalam urutan atau urutan kronologis. Plot sinopsis atau plot harus identik dengan plot aslinya.
Bahasa yang digunakan hendaknya menggunakan bentuk diskusi yang menarik, atau ajakan dan persuasi, sehingga calon pembaca mau dan tertarik untuk membaca.
Adanya ajakan dan motivasi bagi para pembaca untuk membaca buku tersebut, dan dapat dibungkus dengan sebaik-baiknya agar semua pembaca tertarik untuk membaca buku tersebut.
Dapat menyajikan konflik cerita secara singkat dan sangat menarik.
Keingintahuan muncul untuk pembaca potensial.

Contoh sinopsis

Identitas baru
Judul Novel: Ayat Ayat Cinta
ISBN: 979-3604-02-6
Penulis: Habiburrahman El Shirazy
Penerbit: Republika
Dirilis: Desember 2004
Jumlah halaman: 419 halaman

Ringkasan Singkat

Film ayat-ayat cinta diambil langsung dari novel karya Habiburrahman El Shirazy yang menceritakan tentang seorang pemuda Indonesia bernama Fahri yang berasal dari keluarga sederhana yang sedang menempuh pendidikan S2 di Universitas Al-Azhar Mesir.

Film ayat-ayat cinta yang diperankan oleh lima tokoh utama Fedi Nuril (Garasi Mengejar Matahari), Fahri, Rianti Cartwright (Pesan dari Surga), Aisha, Carissa Puteri, Maria dan Zaskia Adya Mekka, Noura, dan Melania Putria, Nurul.

Fahri dalam film ini dikisahkan sebagai pemuda yang aktif di ormas Islam dan memiliki keimanan yang sangat kuat.

Selain dagangannya, Fahri juga bermasalah dengan pacaran, dimana orang tuanya meminta segera menikah, namun Fahri sendiri masih bingung dengan persepsi pasangannya.

Meski banyak sahabat Fahri yang mengungkapkan rasa cintanya melalui surat kepada Fahri, namun Fahri tetap merasa belum menemukan alternatif Tuhan untuknya.

Fahri tinggal bersama tiga teman pria di lantai pertama sebuah apartemen di Mesir. Fahri memiliki tetangga di lantai tiga apartemennya, seorang Mesir bernama Maria.
Laskar Pelangi

Rangkuman novel Laskar Pelangi tidak ada nilainya karena banyak teman yang ingin belajar mandiri dan ikhlas jika ingin mencapai suatu tujuan.

Laskar Pelangi adalah model baru untuk diikuti saat Anda mengkhawatirkan keadaan. Seperti pelangi yang akan datang setelah hujan.

Cerita ini terjadi di sebuah desa bernama Gantung, Kecamatan Gantung, Belitong Timur. Sejak saat itu sekolah Muhammadiyah mengancam akan segera memecat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Sumsel jika jumlah siswa baru tidak mencapai 10 siswa.

Saat itu, hanya 9 anak yang hadir pada acara pembukaan tersebut, namun pada saat Pak Harfan, seorang kepala sekolah, hendak memberikan sambutan tentang penutupan sekolah tersebut, Harun dan ibunya datang untuk mendaftar di sekolah kecil tersebut.

Di awal cerita, dimulai dari tempat duduk pertemuannya dengan Pak Harfan, perkenalannya luar biasa ketika A Kiong tersenyum ketika ditanya nama gurunya, Bu Mus.

Peristiwa bodoh Borek, pada rapat umum pemilihan ketua kelas, yang diprotes keras oleh Kucai, pengalaman cinta pertama Mahar dan Ikal terungkap, pengalaman yang sangat bergantung pada kehidupan Lintang, bersepeda 50 mil dari rumahnya ke sekolah.

Anda, Laskar Pelangi – sebutan yang diberikan wanita Muslim untuk kegembiraan mereka di pelangi – juga berarti nama sekolah dengan berbagai cara.

Misalnya Mahar’s Revenge yang selalu menyudutkan kawan-kawannya atas kesenangannya dalam melakukan sulap, menghasilkan kemenangan manis di Karnaval 17 Agustus, dan sang jenius yang luar biasa Lintang akan menantang dan mengalahkan Drs.

Zulfikar adalah seorang guru PN kaya dengan ijazah, terkenal dan memenangkan kompetisi kuis.

Laskar Pelangi menjalani hari-hari yang menyenangkan, menangis dan tertawa bersama.

Kisah sepuluh kawanan berakhir dengan kematian ayah Lintang yang, dengan cara yang sangat mengharukan, memaksa Einstein meninggalkan sekolah, dan 12 tahun kemudian terjadi peristiwa di mana Ikal, yang berjuang di Pulau Belitong, pergi ke kampung halamannya di desa kembali.

Kisah indah ini bisa ditutup dengan perasaan lucu dan sangat mengharukan dari Andrea Hirata, bahkan kita bisa merasakan antusiasme kesepuluh anggota Laskar Pelangi terhadap sifat kekanak-kanakan.

Lihat Juga : https://kabarkan.com/contoh-cerita-fantasi/

This entry was posted in .

About

You may also like...

Comments are closed.