Musik Gratis Yang Bisa Dipakai Agar Tidak Terkena Copyright Youtube

Rate this post

Untuk backsound konten Youtube, kini Anda bisa menggunakan music gratis. Namun, pastikan untuk memilih musik gratis yang bisa dipakai agar tidak terkena copyright Youtube. Untuk informasi tempat mendapatkannya, dan tips penggunaannya, simak ulasan di bawah ini.

Situs Penyedia Musik Gratis

Saat ini, ada beberapa situs yang menyediakan music gratis. Pada situs-situs ini, Anda diizinkan mendownload musik yang free copyright. Namun, ada situs yang mengajukan beberapa syarat penggunaan kontennya.

Syarat ini biasanya berkaitan dengan penyertaan tautan dalam bentuk backlink. Atau, bisa berupa tautan dofollow ke situs tempat Anda bisa mendownloadnya. Selanjutnya, berikut beberapa situs penyedia musik gratis yang dapat Anda gunakan.

1. Youtube Audio Library

Rekomendasi situs yang pertama adalah Youtube Audio Library. Anda dapat mengunjungi situs ini karena beberapa alasan, seperti platform ini merupakan penyedia musik secara gratis,  dan musik serta efek videonya dapat ditambahkan secara langsung ke dalam video Anda.

Alasan lainnya yaitu aliran musik bisa disesuaikan dengan jenis video yang Anda buat. Situs ini juga menyediakan ratusan efek suara beserta trek yang bebas royalty. Hal ini bisa Anda saring berdasarkan instrumen, durasi, atribusi, dan genre.

Koleksi dari audio Youtube ini terintegrasi secara langsung dengan studio Youtube. Jadi, hal ini memungkinkan Anda untuk dapat mengupload konten hingga melacak di analitik video. Cara akses situs ini cukup mudah. Langkah pertama, silahkan buka Youtube.

Lalu, klik profil dan klik menu Studio. Kemudian, pilih Youtube Studio dan scroll ke bawah sampai Anda menemukan menu Koleksi Audio. Lalu, klik menu tersebut.

2. BendSound

Berikutnya adalah situs BendSound. Situs ini memungkinkan Anda untuk dapat mendownload backsound musik secara mudah. Situs ini juga menawarkan berbagai macam aliran serta pilihan musik.

Untuk Anda yang ingin mendownload music disini, jangan khawatir karena metodenya sangat mudah. Langkah pertama, silahkan buka situs BendSound. Kemudian, pilih lagu yang diinginkan dan pilih menu Download.

Namun, sebelum lagu tersebut didownload, Anda perlu memperhatikan beberapa syarat. Syarat-syaratnya yaitu Anda hanya boleh menggunakan lagu yang diambil di situs ini untuk keperluan proyek multimedia pribadi.

Jadi, video-video tersebut hanya boleh diunggah di media sosial seperti Youtube, Facebook, dan sejenisnya.

3. StoryBlocks

Situs musik gratis yang bisa dipakai agar tidak terkena copyright Youtube berikutnya adalah StoryBlocks. Anda dapat menjual lagu atau mendapatkan backsound untuk karya di platform ini. Anda juga bisa mendapatkan footage stock, animated background, hingga sound effects.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan after effect templates, royalty free music, hingga loops. Untuk musik yang bebas royalty, ada banyak kategori yang tersedia.

Genre musiknya juga beragam. Anda dapat menemukan genre upbeat, melankolis, warm, hingga sinematik. Fakta menariknya, jika Anda memiliki musik sendiri, maka dapat bergabung menjadi kontributor agar dapat menjual karya musik di situs ini.

Di situs ini, ada dua versi musik, yaitu versi gratis dan versi Pro. Jika Anda ingin versi Pro, maka dapat berlangganan pada platform tersebut.

4. Facebook Creator Studio

Pilihan situs berikutnya adalah Facebook Creator Studio. Situs ini berada di halaman Facebook. Di halaman ini sendiri, Anda dapat melihat dan mengatur berbagai hal terkait halaman, mulai dari unggah video, estimasi pendapatan, insight video, hingga komentar yang masuk.

Jika membutuhkan backsound musik maka bisa ambil musik secara gratis dari Facebook. Ini bisa diakses dengan membuka laman Creator Studio. Lalu, klik Creative dan pilih Koleksi Audio. Audio dari situs ini bisa Anda gunakan juga untuk video yang akan diupload di Youtube.

Di situs ini, Anda dapat menyaring musik berdasarkan durasi, genre, efek musik, hingga vokal. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan audio original yang telah direkam sebelumnya oleh NASA secara langsung.

5. Free Stock Music

Situs Free Stock Music ini memungkinkan Anda untuk download musik bebas hak cipta dan dalam durasi berapapun. Kelebihan dari situs ini adalah menyediakan format file dengan pilihan yang beragam seperti AIFF, WAV, hingga MP3. Lalu, proses registrasinya pun secara gratis.

Kelebihan lainnya adalah, ada ratusan trek yang tersedia secara gratis juga. Trek-trek tersebut dapat dikategorikan berdasarkan genre.

Selain itu, Anda juga menyaring musik berdasarkan kategori seperti tempo, moods, hingga lisensi.  Untuk lisensi, ada beragam jenis pilihan yang masing-masing memiliki ketentuan berbeda. Jadi, Anda perlu menyaring lisensi terlebih dahulu.

Tips Menggunakan Musik Gratis untuk Video Youtube

Setelah menemukan musik gratis, pastikan Anda menggunakannya dengan benar. Pelajari dahulu bagaimana ketentuan yang ditetapkan penyedia music gratis tersebut, karena biasanya ini berbeda untuk setiap platform.

Setelahnya, Anda bisa menggunakannya sesuai kebutuhan. Jika ada ketentuan mencantumkan link referensi musiknya, maka jangan sampai lupa tidak dicantumkan. Selain itu, pastikan juga memilih jenis musik yang sesuai konten Anda.

Dikutif Dari: intibioslab.id

About

You may also like...

Comments are closed.