Pakaian Adat Sumatera Utara: Gambar dan Deskripsi

Sumatera Utara memiliki ibu kota Provinsi Medan yang dikenal dengan Suku Batak. Dan di daerah Sumatera Utara, orang Batak seperti Batak Toba, Batak Samosir, Batak Mandaling dan juga Batak LAN mendominasi.

Selain tarian dan alat musik khusus, Sumatera Utara juga memiliki warisan budaya lain seperti rumah adat dan pakaian biasa. Namun kali ini kita akan membahas beberapa pakaian adat khas Sumatera Utara.

Pakaian-Adat-Sumatera-Utara-Gambar-dan-Deskripsi

Yang dimaksud dengan pakaian adat provinsi yang didominasi suku Batak ini adalah Yah. Sebentar lagi akan ada beberapa pakaian adat dari Sumatera Utara.

Pakaian Adat dari Sumatera Utara

Sumatera Utara memiliki beberapa pakaian tradisional. Sumatera Utara sendiri terdiri dari suku-suku yang berbeda. Batak Toba, Melayu, Simalungun, Karo, Nias, Mandailing dan lain-lain.

Dari semua suku, pasti ada perbedaan gaya busananya. Berikut ini adalah nama-nama adat Sumatera Utara beserta penjelasannya:

Pakaian Adat Suku Batak Toba Pakaian Adat Suku Batak Toba

Suku Batak Toba merupakan salah satu suku di Sumatera Utara yang hidup di daerah sekitar Danau Toba. Variasi ini digunakan pada pakaian biasa dengan ciri pembeda yang berbeda, terutama untuk kain pada pakaian biasa. Di bawah ini adalah uraian lengkap tentang pakaian adat Batak Toba:

bahan bekas

Pakaian adat Batak Toba terbuat dari kain tenun atau yang dikenal dengan Ulos. Zat inilah yang banyak digunakan sebagai ciri khas suku Batak. Padahal, ULO telah menjadi identitas pakaian tradisional tingkat nasional di Sumatera Utara.

Kain ULO ditenun dengan tangan menggunakan alat tradisional dan benang sutra. Warna benang yang digunakan biasanya hitam, putih, perak, merah, dan emas. Pakaian adat ini digunakan tidak hanya dalam upacara adat tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Ulos yang dipakai laki-laki disebut hande-hands ke atas. Dan Singkot untuk lantainya. Karena kepala disebut buluh, pukul atau tali.
Lihat juga: Abstrak Is

Jenis kain ulos

Terdapat berbagai jenis ulos dengan corak dan motif yang berbeda antara lain: kain Antakantak ULOs, kain Maratur Star Ulos, kain Bolean ULOs, kain ULOs Mangir, kain ULOs Padang Ursa, kain Lobu-Lobu Pinan Ulos, dan kain Pinuncaan Ulis.

Setiap jenis ISO memiliki filosofi yang berbeda. Pada acara adat kebanyakan Batak. Gunakan ULO dan buat syal dari mereka. Ulos biasanya menggunakan Ukia Ragihotang, Sadum, Jugjaragidup, dan Runjat.

Pakaian adat suku Batak Simalungun. Pakaian adat suku Batak Simalungun

Suku ini terletak di daerah Simalungun. Baju yang biasa mereka pakai adalah ulos, tapi mereka memanggilnya Hiou. Menggunakan ULO beserta asesorisnya seperti gotong untuk pria dan hiasan kepala untuk wanita. Tidak hanya itu, mereka juga menggunakan suri-suri atau selendang samping sebagai tambahan.

Pakaian adat Suku Batak Mandailing
Pakaian adat Suku Batak Mandailing

Suku di Sumatera Utara ini mayoritas bermukim di Kabupaten Tapanuli Selatan, Kabupaten Mandailing Natal, dan Padang Lawas. Pakaian ini juga tidak jauh berbeda dengan pakaian adat suku Batak Toba.

Pakaian adat dari Sumatera Utara juga digunakan dari kain ISO yang juga dihias dengan berbagai asesoris agar lebih menarik. Sedangkan tutup kepala yang dikenakan oleh laki-laki berbentuk topi bulat yang ujung-ujungnya berbentuk rol. Tutup kepala yang digunakan wanita itu seperti mahkota, hanya saja lebih besar dan bentuknya lebih beragam.

Pakaian Adat Suku Karo
Pakaian Adat Suku Karo

Baju adat yang bermotif kotak-kotak hampir sama dengan baju adat Sumatera Utara. Mereka menggunakan kain yang terbuat dari penyeka kapas, yang juga dikenal sebagai bawang. UIS artinya kain merah. Karena dilakukan dengan benang merah.

Pakaian ini digunakan untuk menutupi tubuh Anda saat beraktivitas sehari-hari. Orang Karo menggabungkan bawang merah ini dengan warna lain yaitu hitam atau putih. Tak hanya itu, warnanya juga menggunakan benang berwarna lain seperti emas dan perak. Dengan ini, kain disediakan dengan motif yang indah dan tidak salah lagi.

 

 

LIHAT JUGA :

https://teknologia.co.id/
https://butikjersey.co.id/
https://kabarna.id/
https://manjakani.co.id/
https://sewamobilbali.co.id/
https://deevalemon.co.id/
https://cipaganti.co.id/
https://pulauseribumurah.com/
https://pss-sleman.co.id/
https://mitranet.co.id/

About

You may also like...

Comments are closed.