Kelebihan dan Kekurangan pasar oligopoli

Definisi oligopoli

Pasar oligopoli merupakan salah satu bentuk pasar persaingan yang tidak sempurna karena hanya terdapat sedikit produsen atau penjual dengan banyak pembeli di pasar ini. Beberapa contoh industri yang termasuk dalam kategori ini adalah industri rokok, industri otomotif, industri semen, serta jasa penerbangan dan sebagainya.

 

Kelebihan-dan-Kekurangan-pasar-oligopoli

Berikut Ini Telah Kami Kumpulkan Yang Bersumber Dari Laman https://officialjimbreuer.com/ Yang Akhirnya Saya Tuliskan Disini.

Jenis pasar oligopoli

Berdasarkan jenisnya, pasar oligopoli secara umum terbagi menjadi dua jenis. Berikut penjelasannya

1. Oligopoli murni

Karakteristik adalah jenis barang yang diproduksi dengan cara yang sama atau identik. Biasanya, jenis yang termasuk dalam jenis pasar ini adalah industri penyuplai bahan baku.

2. Oligopoli diferensial

Ciri-ciri merupakan jenis barang yang dibuat berbeda-beda atau mempunyai banyak variasi produk sehingga pembuatan barang antara perusahaan dengan perusahaan lain dapat dengan mudah dikelompokkan, masing-masing dengan ciri dan keunikannya masing-masing.

Properti Oligopoli

Di bawah ini adalah beberapa ciri dari pasar oligopoli

1. Hanya sedikit penjual yang menjual produk substitusi

Alasannya, pengiriman satu jenis barang sepenuhnya dikendalikan oleh beberapa perusahaan. Dampaknya dapat menyebabkan perang harga karena hanya sedikit penjual yang menjual produk pengganti di pasar.

2. Adanya hambatan untuk masuk ke dalam industri oligopoli

Kenapa disebut banyak rintangan? Hal ini dikarenakan dibutuhkan modal yang relatif besar untuk membangun usaha jenis ini, sehingga usaha jenis ini masih sedikit. Namun, hambatan ini tidak terlalu parah dibandingkan dengan pasar monopoli.

3. Keputusan harga yang stabil oleh satu perusahaan harus diperhitungkan oleh perusahaan lain di sektor ini

Harga suatu produk yang turun dari satu perusahaan berdampak pada perusahaan lain, sehingga harga juga ikut turun agar tidak kehilangan pelanggan. Dan tentunya jika masih ada perusahaan yang masih menaikkan harga dan harganya cenderung tinggi maka mereka kehilangan pelanggan, dan perusahaan lain yang relatif murah semakin menambah jumlah pelanggan.

4. Menghasilkan barang standar dan barang dengan pola berbeda

Pasar oligopoli menciptakan berbagai macam barang, baik barang standar maupun barang dengan gaya yang berbeda.

5. Promosi melalui iklan

Jika ada pasar oligopoli yang aktif, periklanan dilakukan melalui periklanan, mengapa? Hal ini bertujuan untuk menarik pembeli baru dan di sisi lain untuk mempertahankan pembeli lama juga.

Pro dan kontra dari pasar oligopoli

Di bawah ini adalah pro dan kontra dari pasar oligopoli

Keuntungan dari pasar oligopoli

1. Produk yang dibuat dengan pola berbeda

Para penjual di pasar oligopoli menghasilkan apa yang diinginkan masyarakat dengan membuat berbagai jenis barang dengan gaya berbeda. Sehingga pasarnya terus merambah ke masyarakat luas.

2. Efisiensi dalam penggunaan sumber daya

Pasar oligopoli sebenarnya tidak menggunakan persyaratan efisiensi secara efisien, dengan mempertimbangkan persyaratan efisiensi. Dari sudut pandang skala ekonomi yang dicapai, bagaimanapun, dapat dikatakan bahwa penjual di pasar oligopoli mengeluarkan biaya yang lebih rendah dalam memproduksi barang daripada di pasar persaingan sempurna.

3. Pengembangan dan inovasi teknologi

Pasar oligopoli adalah struktur pasar yang paling banyak mendorong inovasi dan penyampaian teknologi.

Kerugian dari pasar oligopoli

1. Ada persaingan harga yang ketat

Persaingan harga di pasar oligopoli akan muncul ketika produk baru masuk ke pasar. Mengapa ini bisa terjadi? Pasalnya, saat sebuah produk keluar untuk menguasai pasar, biasanya produsen baru menurunkan harga agar produk lama bisa tergeser. Itu tentu saja akan merugikan produsen lama.

2. Ada penghalang yang kuat untuk masuk ke pasar oligopoli

Produsen baru yang ingin memasuki pasar ini akan menghadapi kesulitan ini karena mereka membutuhkan investasi yang besar.

Lihat Juga: Call Center BPJS

This entry was posted in .

About

You may also like...

Comments are closed.