Pengertian Radioaktif, Jenis, Sifat, Manfaat dan Dampak

Pada poin ini kita akan membahas radioaktivitas. Radioaktif sendiri memiliki berbagai manfaat dan efek. Silakan merujuk ke artikel berikut untuk penjelasan lebih lanjut sampai habis. ::

pengertian-radioaktif

Definisi radioaktif

Radioaktif adalah elemen yang tiba-tiba mengeluarkan radiasi. Biasanya unsur yang terkandung dalam radioaktivitas adalah unsur dengan nomor atom lebih besar dari 83, misalnya uranium dengan nomor atom 92.

Kegunaan khusus bahan ini didasarkan pada kemampuan radiasi untuk menyebabkan perubahan seperti: B. kemampuan mengionisasi inti atau molekul dan memutus ikatan antar atom sehingga dapat menghasilkan radikal bebas. Pembentukan nukleon ini secara radioaktif akan melepaskan sejumlah energi panas.

Keuntungan radioaktif

Agar penggunaan atau pemanfaatan radioaktivitas menjadi efektif dan efisien, terlebih dahulu harus dilakukan identifikasi untuk mengetahui jenis dan jumlah radioaktivitas yang akan digunakan. Hal ini sangat penting karena setiap jenis radiasi memiliki sifat yang berbeda-beda, sehingga untuk menentukan keberadaannya baik jenis maupun jumlah radiasi penting digunakan metode dan teknik yang unik untuk setiap jenis radiasi tersebut.

Peluruhan radioaktif terjadi dalam tiga jenis, yaitu alfa, beta, dan gamma dengan lambang huruf pertama alfabet Yunani. Istilah peluruhan radioaktif sendiri merupakan kumpulan dari berbagai proses di mana inti atom yang tidak stabil memancarkan partikel subatom (partikel radiasi). Peluruhan terjadi dalam inti atom yang tidak stabil yang, karena kelebihan proton atau neutron, tidak memiliki energi ikat yang cukup untuk menyatukan inti.

Radiasi gamma adalah radiasi terkuat dan dapat menembus beberapa penyintesis timbal. Partikel dari beta dapat diserap oleh beberapa milimeter aluminium, sedangkan alfa berhenti ketika berada beberapa sentimeter di udara atau seperti selembar kertas.

Jenis sinar radioaktif

Di atas kami sedikit menyinggung tentang jenis-jenis radioaktif, di bawah ini adalah penjelasan lain dari jenis-jenis sinar radioaktif diantaranya:

alfa

  • Terdiri dari inti helum yang didalamnya mengandung 2 proton dan 2 neutron.
  • Ini ditemukan pada tahun 1903 oleh seorang pria bernama Ernest Rutherford
  • Daya ionisasinya tinggi, tetapi daya penetrasi suatu benda lemah.
  • Tenaga tembus cahaya, sinarnya hanya memiliki jangkauan 2,8 hingga 8,5 cm di udara dan dapat ditahan kembali oleh selembar kertas.

beta

  • Terdiri dari elektron yang bergerak cepat.
  • Ini ditemukan pada tahun 1903 oleh seorang pria bernama Ernest Rutherford.
  • muatan negatif, sehingga membelok ke arah kutub positif di medan listrik.
  • Daya tembus lebih besar dibanding dengan Alpha, Beta bisa menembus pelat aluminium tebal.
  • Dapat mengionisasi benda yang dilintasi / dilewati.

gamma

  • Ini adalah gelombang elektromagnetik, seperti halnya sinar-C, tetapi memiliki panjang gelombang yang sangat pendek hanya 1-10-3
  • Itu ditemukan oleh seorang pria bernama Paul Ultich Villard
  • Tidak memiliki muatan listrik.
  • Gaya penetrasi sangat besar dan hanya dapat ditahan oleh lapisan beton atau baja.
  • Dapat mengionisasi materi yang lewat atau dilintasi tetapi tidak sekuat sinar alfa atau beta.

Sifat radioaktif

Berikut ini sifat-sifat radioaktifnya, yaitu:

  • Memiliki daya tembus yang besar
  • Dapat mengionisasi gas
  • Ini bisa bersinar saat dijatuhkan di permukaan zat yang dilapisi dengan campuran seng sulfida atau seng

Keuntungan radioaktif

Manfaat radioaktivitas di bidang pertanian meliputi:

Membasmi hama

Dapat memusnahkan hama dengan menggunakan teknik jantan yang steril, penyinaran ini dapat menimbulkan efek biologis, seperti hama kubis telah berkembang biak dalam bentuk dan juga dalam jumlah yang banyak, setelah itu diradiasi, sehingga hama mandul jantan tersebut kemudian dilepaskan di daerah yang terinfestasi. dengan hama.

Dengan cara demikian hama di lahan pertanian kawin dengan hama yang menyebar, bahkan pada saat bertelur telurnya tidak menetas sehingga populasinya juga berkurang.

Bisa bikin bibit unggul

Pembentukan benih unggul atau pemuliaan tanaman juga dapat dilakukan dengan menggunakan penyinaran seperti benih padi. Benih padi diiradiasi dari dosis terkecil sampai yang paling mematikan, setelah itu benih yang telah diradiasi disemai dan juga dikelompokkan sesuai dengan besarnya dosis yang diberikan.

Simpan makanan

Kentang merupakan salah satu makanan yang akan bertunas saat disimpan. Oleh karena itu, sebelum disimpan, kentang diiradiasi dengan dosis tertentu agar kentang tidak bertunas selama penyimpanan yang lama.

Efek radioaktif

Ada dua efek atau efek pada kesehatan manusia yang dapat disebabkan oleh radiasi dalam jangka pendek dan panjang, dan dalam jangka pendek dan panjang. Radiasi ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan dengan cara membunuh sel-sel di dalam tubuh. Jumlah kerusakan yang disebabkan tergantung pada dosis radiasi yang diberikan dan juga pada waktu dosis tersebut didistribusikan.

Bahan radioaktif, yang didistribusikan ke bagian tubuh yang lebih besar, memiliki efek kesehatan jangka panjang dari paparan yang lama, terutama jika bahan tersebut menembus makanan, tertelan atau langsung terhirup. Isoptop yodium radioaktif, yang mengalami pelepasan beta, dapat terbentuk di kelenjar toroid dan juga menyebabkan kanker tiroid.

Demikian penjelasan pengertian radioaktif, jenis, khasiat, manfaat dan efeknya. Semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Sumber :

About

You may also like...

Comments are closed.