Peran Orang Tua Agar Anak Meraih Keberhasilan

Peran orang tua bagi anak dalam keberhasilan belajar bahasa Inggris

peran-orang-tua

Akhir-akhir ini tingkat kesadaran orang tua yang tinggi untuk mengajarkan anak-anak mereka belajar bahasa Inggris sejak dini dengan anggapan bahwa akan lebih mudah bagi anak-anak untuk belajar bahasa Inggris. Namun kenyataannya, banyak orang tua yang gagal membimbing mereka dalam proses belajar karena memiliki berbagai kesibukan di luar rumah atau lainnya. Sedangkan anak-anak yang mulai belajar bahasa Inggris, dengan didampingi oleh orang tua yang memperhatikan dengan seksama pengasuhan anak, memungkinkan anak untuk lebih berhasil dalam belajar bahasa Inggris.

Selama fase pertumbuhan emas anak, orang tua harus memperhatikan pertumbuhan otak dan tubuh anak agar dapat berkembang secara optimal. Tidaklah cukup mempercayakan seorang anak pada satu lembaga pendidikan atau program studi saja, karena orang tualah yang memiliki harapan akan masa depan anak dan bertanggung jawab penuh untuk mewujudkan harapan tersebut. Untuk membantu anak belajar bahasa Inggris, orang tua dapat mengikuti tips sederhana ini:

6 hal peran orang tua bagi anak dalam keberhasilan belajar bahasa Inggris

  1. Ajari anak belajar bahasa Inggris dengan memperhatikan usia dan kemampuan anak yang sedang tumbuh. Usia yang benar untuk belajar bahasa Inggris adalah dari 4 tahun
  2. Orang tua yang mendampingi belajar anaknya (misalnya ibu-ibu) harus memiliki minat yang aktif untuk belajar bagaimana mengasuh anaknya dengan baik dan aktif belajar bahasa Inggris, yang dapat digunakan orang tua sebagai pedoman bagi anaknya.
  3. Gunakan kegiatan belajar bahasa Inggris yang menyenangkan agar anak tetap belajar dalam jangka panjang dan tidak bosan.
  4. Kenali masalah yang dihadapi anak-anak dan hindari tekanan atau penggunaan kekuatan untuk mengatasi masalah yang dihadapi anak-anak saat belajar bahasa Inggris
  5. Orang tua juga harus memberikan prioritas kepada anaknya untuk mengajar bahasa Inggris setelah cukup fasih berbahasa Indonesia dan bahasa daerah jika diperlukan.
  6. Jika anak telah belajar bahasa Inggris di sekolah atau sedang mengikuti kursus bahasa Inggris, bantulah anak meninjau pembelajaran bahasa Inggris di rumah dan bimbing mereka untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan sambil memperhatikan keterampilan anak tanpa terlalu mengganggu. Misalnya, membuka buku dan meminta gambar atau nama benda.

Demikian pembahasan pada kesempatan kali ini tentang “Peran orang tua dalam membantu anak belajar bahasa Inggris dengan sukses”

Sumber :

About

You may also like...

Comments are closed.