Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Screenshot

Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Screenshot

Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Screenshot

Tapi apakah fitur screenshot ini masih bisa berfungsi dengan baik di hp kamu? Terkadang banyak orang yang jarang menggunakan fitur screenshot, namun begitu menggunakan fitur ini tiba-tiba tidak bisa digunakan atau berfungsi secara normal.

Sesuai dengan pembahasan kali ini, berikut kami berikan cara mengatasi hp android tidak bisa screenshot.

Beda hp kadang beda cara menggunakan fitur screen capture ini, dulunya saat hp samsung masih menggunakan tombol home, cara capture layarnya menggunakan kombinasi tombol power dan tombol home.

Semakin kesini bentuk layar depan hp android semakin bersih dan banyak yang menghilangkan tombol home. Sehingga ada penyesuaian baru dari menekan tombol Home + Power untuk menangkap layar, sekarang berubah menjadi menekan tombol Power + Volume Down.

Namun beberapa produsen HP kemudian melakukan inovasi, muncul model HP dimana metode screen capture tidak perlu menekan tombol kombinasi seperti di atas, cukup menggesekkan gerakan jari di layar dan sistem akan otomatis menangkapnya.

Namun, fokus pembahasan kami tidak mengarah pada teknis screenshot atau cara menggunakan fitur screenshot. Namun, di sini kami akan menjawab kekhawatiran pengguna bahwa fitur tangkapan layar di ponsel Android tidak berfungsi secara normal.
Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Screenshot

Cara mengatasi hp android yang tidak bisa screenshot sebenarnya cukup mudah, anda tidak perlu datang ke tukang reparasi hp untuk memperbaiki masalah ini, karena penyebab masalah ini biasanya dipicu oleh program sistem yang error.

Dan kamu tidak perlu panik, karena kasus HP Android yang fitur screenshotnya tidak berfungsi sering kita jumpai oleh banyak pengguna di luar sana, jadi jangan mengira penyakit ini langka dan sulit untuk disembuhkan.
Penyebab Ponsel Android Tidak Bisa Screenshot Memori Penyimpanan Internal Penuh

Umumnya masalah seperti ini muncul karena sistem jaringan di dalamnya tidak berfungsi atau terganggu dengan adanya bug. Untuk mengetahui lebih detail, berikut beberapa faktor penyebab HP Android tidak bisa screenshot:
1. Penggunaan Memori RAM Penuh

Fungsi RAM adalah untuk menyimpan memori sementara ketika ponsel menjalankan beberapa program atau aplikasi.

Jika penggunaan RAM penuh, terkadang efek yang bisa kita rasakan adalah ponsel terasa lambat dan beberapa aplikasi terpaksa berhenti secara otomatis. Bisa jadi salah satu program yang terhenti adalah fungsi dari fitur screenshot ini.
2. Memori Internal/Kartu SD Penuh

Mungkin bukan sepenuhnya kesalahan dari fitur screenshot, namun faktor yang menyebabkan fitur ini tidak berfungsi adalah karena memori internal atau eksternal sudah penuh.

Sehingga memori tidak sempat menyimpan file screenshot, dan alhasil foto-foto tersebut tidak tersimpan dan otomatis dibuang.
3. Sistem HP Rusak

Selain disebabkan oleh bug, fitur screenshot mungkin tidak berfungsi karena sistem di ponsel crash. Sehingga program yang satu dengan yang lainnya saling bertabrakan sehingga menyebabkan malfungsi dan crash.
4. Cache dalam HP Penuh

Cache juga dapat digunakan sebagai faktor utama dalam masalah ini, karena di tempat sampah terkadang ada beberapa bug yang masih tersimpan dan mengganggu jalannya program.
Ingin menyembunyikan foto di Kalkulator? Ikuti cara menyembunyikan foto dan video di aplikasi Kalkulator.
Solusi Mengatasi Hp Android Tidak Bisa Screenshot
Metode 1: Menggunakan Aplikasi Pembantu

Cara mengatasi hp android pertama ini tidak bisa screenshot, anda bisa menggunakan bantuan aplikasi yang khusus digunakan untuk menangkap layar.

Jika menggunakan tombol kombinasi tidak berfungsi dengan baik, silakan cari dan unduh aplikasi screenshot di Playstore.

Instal dan unduh aplikasi bernama DU Recorder.
DU Recorder – Perekam Layar, Perekam Video
Unduh
Kode QR
DU Recorder – Perekam Layar, Perekam Video
Pengembang: DU APPS STUDIO
Harga: Gratis
Jika Anda telah membuka aplikasi dan mengikuti langkah pengenalan awal, pengguna biasanya harus memeriksa izin untuk mengakses aplikasi dengan media lain.
Setelah itu, DU Recorder akan menampilkan ikon shortcut berbentuk bulat yang berfungsi sebagai control panel. Buka Aplikasi DU Recorder
Buka menu dengan ikon obeng. Tekan Alat Tambahan
Tombol tangkapan layar otomatis akan ditambahkan di sisi kiri layar. Aktifkan Tombol Tangkapan Layar
Siapkan tampilan yang ingin di screenshot, lalu tekan panel Screenshot DU Recorder, lalu tekan. Siapkan Screenshot Kemudian Tekan Tombol Screenshot

Sumber :

This entry was posted in .

About

You may also like...

Comments are closed.