Situs Candi Adan Adan, Penemuan Candi Buddha Terbesar di Jawa Timur

Tidak banyak yang tahu bahwa kawasan Kediri sebenarnya adalah rumah bagi kompleks candi Budha terbesar di Jawa Timur. Situs tersebut bernama Candi Adan Adan atau warga sekitar menyebutnya Situs Candi Gempur.

Situs Candi Adan Adan, Penemuan Candi Buddha Terbesar di Jawa Timur

Keberadaan candi ini konon terkait dengan Candi Borobudur di Magelang. Sehingga Anda bisa melihat peninggalan seperti patung Buddha di area candi.

Situs-Candi-Adan-Adan-Penemuan-Candi-Buddha-Terbesar-di-Jawa-Timur

Namun, berbeda dengan Borobudur, candi ini masih dalam tahap penelitian dan penggalian. Sehingga masih penuh misteri tentang bentuk asli bangunan tersebut. Meskipun demikian, situs adan adan ini tetap menarik untuk Anda.

Sejarah Candi Adan Adan

Penemuan situs ini dimulai sekitar tahun 1970-an. Saat itu, ada warga sekitar yang kebetulan menemukan bagian Makara di sekitar lokasi.

Sejak penemuan itu, warga setempat menjadikan tempat ini sebagai salah satu situs keramat. Apalagi setelah kejadian aneh, ada warga sekitar yang menggila usai buang air besar di tempat ini.

Kejadian misterius ini terulang kembali pada tahun 1991, sehingga penggalian BP3 Trowulan harus dihentikan. Penggalian dari lokasi konstruksi yang sebelumnya sedalam 3 meter, tiba-tiba turun menjadi 5 meter.

Namun, beberapa dekade kemudian, pada tahun 2006, tim peneliti dari Pusat Penelitian Arkeologi Nasional kembali melakukan penggalian.

Selain itu, penelitian akan terus dilakukan beberapa kali hingga tahun 2021. Dari 5 fase penggalian tersebut, peneliti menemukan banyak fakta menarik.

Menurut peneliti, kompleks candi ini merupakan peninggalan Kerajaan Kediri atau Panjalu yang sudah ada sejak abad ke-11. Beberapa arca di situs ini juga memiliki corak Buddha Mahayana seperti Borobudur.

Sayangnya, meski situs ini telah melalui beberapa kali proses penggalian, namun masih belum sempurna. Anda masih belum bisa melihat bentuk candi secara utuh seperti halnya salah satu tempat wisata murah di Malang yaitu Candi Singosari
Daya tarik Pura Adan Adan

Kegiatan wisata Pura Adan Adan

Meski berada di lokasi yang cukup tersembunyi, candi ini tetap memiliki banyak hal menarik untuk ditawarkan. Berbagai aktivitas seru juga bisa Anda nikmati selama berkunjung. Berikut beberapa atraksi yang bisa Anda dapatkan:
arsitektur candi

Bangunan candi yang tertimbun 11 lapis abu vulkanik Gunung Kelud membuat proses penggalian memakan waktu lama. Sampai hari ini, bentuk lengkap candi tetap menjadi misteri bagi para peneliti.

Namun, dari hasil penggalian terakhir, seperempat dari keseluruhan candi sudah bisa terlihat. Menurut peneliti, luas candi ini lebih dari 700 meter persegi.

Area dapat ditingkatkan lagi, karena hanya sebagian saja. Secara keseluruhan, candi ini berbentuk persegi dengan pagar yang mengelilingi area tersebut.

Di areal pura juga terdapat kilasan seperti kolam, yang merupakan tempat penyucian, dan lain-lain. Keberadaan air ini tidak lepas dari letak pura yang berada di kawasan dekat Sungai Kali Serinjing.

Bangunan candi sendiri terbuat dari batu andesit dengan tambahan batu bata sebagai pengisi. Hal ini terlihat dari ditemukannya kepala Kara dan juga dari potongan Makara di sekitar lokasi.

Kepala Bodhisattva dan patung Dwarapala menghiasi candi itu sendiri, yang saat ini sedang digali. Peneliti masih berusaha menemukan pecahan arca dan candi lain yang masih tertinggal.
reruntuhan dan penggalian

Memang, kondisinya yang tidak lengkap menjadi daya tarik tersendiri bagi sejumlah pengunjung yang datang. Sebagian besar dari mereka penasaran bagaimana proses penggalian candi berlangsung.

Anda bisa langsung melihat lubang galian dan struktur candi yang masih terkubur di bawah tanah. Di situs arkeologi ini Anda bisa belajar dan mengetahui betapa sulitnya melestarikan warisan budaya.

Beberapa bagian candi dan arca batu juga terkadang masih terlihat di area tersebut. Situs reruntuhan ini adalah salah satu tempat paling populer bagi wisatawan untuk mengambil foto.

Anda juga bisa melihat ekskavasi reruntuhan pemukiman warga sekitar 500 meter dari candi induk. Pada titik ini, peneliti menemukan dua tong dan beberapa keramik dan batu.
sepeda

Lokasinya yang masih asri dan terpencil menjadi tujuan banyak pesepeda di kota Kediri. Seperti halnya Candi Abang di Jogja, Anda bisa naik sepeda hingga memasuki kawasan candi.

Jalan pedesaan yang Anda lewati merupakan pemandangan indah yang bisa menghilangkan penat. Apalagi jika Anda datang di pagi hari, udara segar dan angin sepoi-sepoi pasti akan menemani perjalanan Anda.
Fasilitas Pura Adan Adan

Reruntuhan kompleks candi Adan Adan

Cagar budaya yang masih dalam tahap penelitian belum memiliki

LIHAT JUGA :

salsawisata.com

Rental Mobil Jogja

 

 

This entry was posted in .

About

You may also like...

Comments are closed.