Sumber daya alam: definisi, jenis dan contoh

Definisi sumber daya alam
Acara Baca Cepat

Semua benda di alam yang bermanfaat bagi manusia disebut sumber daya alam. Karena kelestariannya, sumber daya alam dibagi menjadi dua kategori. Ada sumber daya alam yang bisa diperbarui, tetapi yang lain tidak. Mari kita pelajari satu per satu. Sumber daya alam yang terbarukan Sumber daya alam yang terbarukan adalah sumber daya alam yang tidak akan habis meskipun digunakan secara terus menerus. Kenapa ini? Ini karena sumber daya ini dapat direproduksi. Contohnya adalah tumbuhan, hewan, air, udara, tanah, dan sinar matahari.

Sumber-daya-alam-definisi-jenis-dan-contoh
Jenis sumber daya alam dan contohnya

1. Tanaman

Apakah ada tanaman di sekitar rumah Anda? Tumbuhan merupakan sumber daya alam yang dapat diperbarui. Sebab, tanaman bisa berkembang biak. Tumbuhan bermanfaat bagi manusia. Misalnya sebagai bahan pangan, sandang dan bahan bangunan. Anda makan nasi setiap hari, bukan? Beras dibuat dari butiran beras yang didapat dari tanaman padi. Nasi merupakan makanan pokok bagi kami. Jagung, gandum, dan sagu juga menghasilkan makanan pokok. Selain itu masih banyak bahan makanan lain yang berbahan dasar tumbuhan. Contohnya adalah berbagai jenis buah dan sayuran.
Lihat juga: Sistem pergerakan pada manusia

Saat Anda pergi ke sekolah, tentunya Anda memakai seragam. Seragam sekolah bisa dibuat dari tumbuhan. Mengapa tanaman bisa seragam? Seragam mereka terbuat dari kain sedangkan kain terbuat dari benang. Benang ini bisa dibuat dari kapas atau tanaman jerami. Bukan hanya seragam, tapi pakaian lainnya juga. Oleh karena itu, pakaian dapat berasal secara tidak langsung dari tumbuhan. Tanaman juga digunakan sebagai bahan bangunan. Tanaman menghasilkan kayu. Kayu biasa

dimanfaatkan oleh pohon jati, mahoni dan sengon. Jaga rumah Anda. Apakah ada bagian rumah Anda yang terbuat dari kayu? Ada pintu, jendela dan tiang kayu. Bagaimana dengan perabot rumah tangga? Meja, kursi dan almari juga terbuat dari kayu. Sekarang Anda sudah tahu untuk apa tanaman digunakan, bukan? Selain kegunaan yang disebutkan di atas, masih banyak lagi kegunaan tumbuhan. Lakukan aktivitas berikut untuk membantu Anda memahami dengan lebih baik.
2. Hewan

Hewan adalah sumber daya yang dapat diperbarui. Hewan dapat diperbarui karena dapat berkembang biak. Hewan memiliki banyak keuntungan bagi manusia. Misalnya untuk makanan, alat transportasi dan pemupukan tanah. Berbagai bahan makanan didapat dari hewan. Pakan ternak mengandung protein, termasuk telur dan susu. Contoh hewan penghasil daging adalah ayam, kambing, sapi dan ikan. Contoh hewan penghasil telur adalah ayam, bebek dan putih, sedangkan contoh hewan penghasil susu adalah sapi dan kambing. Beberapa spesies hewan memiliki energi yang kuat. Karenanya, mereka digunakan sebagai alat transportasi. Kuda bisa menarik gerobak. Sapi dan kerbau bisa menarik bajak di sawah, sedangkan kotoran hewan juga bisa digunakan sebagai pupuk. Kotoran hewan disebut pupuk kandang. Pupuk ini bisa menyuburkan tanah.

3. Air, tanah, udara dan sinar matahari.

Air sangat bermanfaat bagi manusia. Sama halnya dengan tanah, udara dan sinar matahari. Keempatnya tidak dikonsumsi meskipun digunakan terus menerus. Air digunakan untuk minum, mandi, mencuci, memasak, dan mengairi sawah. Selain itu, air digunakan untuk menghasilkan listrik. Air bersih yang sudah digunakan menjadi kotor. Air kotor bisa dibersihkan kembali dengan teknologi tertentu. Tanah dan udara adalah sumber daya alam. Tanah dapat digunakan untuk menumbuhkan berbagai macam tanaman.
Lihat juga: Kalimat majemuk multi-level

Manusia membutuhkan udara untuk bernafas. Udara yang mengalir disebut angin. Angin dapat menggerakkan kapal dan kincir angin.

Matahari adalah sumber energi utama di bumi. Panas matahari bisa mengeringkan pakaian dan bahan lainnya.

Panas matahari juga dimanfaatkan untuk membuat garam. Sinar matahari pagi baik untuk kesehatan manusia. Air, tanah, udara, dan sinar matahari dapat segera digunakan, yang berarti bahwa semua itu sudah tersedia di alam. Orang tidak harus melakukannya dulu. Anda sudah tidak asing lagi dengan beberapa kegunaan air, tanah, udara, dan sinar matahari.

 

 

 

LIHAT JUGA:

 

https://konveksipekanbaru.co.id/
https://cialis.id/
https://forbeslux.co.id/
https://furnituremebeljepara.co.id/
https://ppidkabbekasi.id/
https://obatpenyakitherpes.id/
https://obatsipilisampuh.id/
https://obatwasirambeien.id/
https://obatkuatpria.id/
https://obatpenggemukbadan.id/

About

You may also like...

Comments are closed.