Taman nasional adalah: jenis, ciri, fungsi, tujuan, keunggulan

Taman nasional adalah: jenis, ciri, fungsi, tujuan, keunggulan

Definisi taman nasional

Taman Nasional Merupakan cagar alam yang bercirikan kelestarian ekosistem asli dan diolah dengan sistem zona. Secara umum dapat dikembangkan tidak hanya sebagai pusat pelestarian alam tetapi juga untuk keperluan lain seperti pariwisata, religi, pendidikan, dll.

Taman-nasional-adalah-jenis-ciri-fungsi-tujuan-keunggulan

Jenis zona taman nasional

Di bawah ini adalah beberapa jenis taman nasional.
1. Zona inti

Zona inti merupakan bagian dari taman nasional yang memiliki banyak jenis tumbuhan dan satwa. Serta ekosistem dan merupakan bentukan suatu biota atau kesatuan tertentu, yang dalam komposisinya merupakan ciri ekosistem di kawasan nasional yang konstitusi fisiknya masih asli dan belum tersentuh oleh manusia. Kawasan ini memiliki kondisi alam, baik berupa biota maupun fisik yang masih alami dan belum atau belum diganggu oleh manusia. Zona inti taman nasional memiliki ukuran dan bentuk yang cukup untuk memungkinkan spesies tertentu bertahan hidup. Zona inti taman nasional mempunyai tugas melindungi ekosistem, melestarikan keunikan flora dan fauna serta habitatnya yang peka terhadap gangguan dan perubahan.
2. Zona hutan

Zona hutan merupakan kawasan yang menjadi habitat atau kawasan rumah untuk melindungi dan menunjang perkembangbiakan jenis-jenis satwa liar. Terdapat ekosistem dan keanekaragaman hayati di zona ini yang berperan sebagai penyangga zona inti dan berfungsi sebagai habitat spesies hewan migrasi.
Lihat juga: Promosi adalah
3. Gunakan zona

Zona pemanfaatan adalah kawasan yang memiliki daya tarik wisata alam berupa satwa, tumbuhan atau informasi ekosistem tertentu, serta formasi geologi yang indah dan unik dengan luasan yang cukup untuk menjamin kelestarian potensi, dan juga berupa obyek wisata yang dapat dimanfaatkan. untuk keberadaan pariwisata dan rekreasi alam.
Fitur taman nasional

Untuk menjamin kelangsungan proses ekologi, beberapa kriteria tentunya harus dipenuhi oleh sebuah taman nasional. Kriteria tersebut juga merupakan ciri-ciri yang dapat diuraikan sebagai berikut:

Keadaan alaminya masih murni dan belum tersentuh. Hal tersebut diperlukan agar taman nasional dapat dikembangkan sebagai objek wisata alam
Memiliki satu atau lebih ekosistem yang masih utuh
Sumber daya alam, atau sumber daya alam yang unik dan sejenis, meliputi berbagai jenis tumbuhan, satwa, ekosistem, dan fenomena alam yang masih alami dan utuh.
Pemanfaatan hutan dan zona inti untuk rehabilitasi kawasan, mendukung upaya konservasi sumber daya alam (SDA) dan ekosistemnya, serta ketergantungan penduduk di kawasan tersebut.
Adanya flora dan fauna yang unik dan unik

Fungsi dan tujuan taman nasional

Ada fitur dan tujuan taman nasional, diantaranya:

Melaksanakan pemeliharaan contoh-contoh yang menggambarkan satuan biotik utama guna mempertahankan fungsinya dalam ekosistem
Pelaksanaan konservasi keanekaragaman ekologi dan hukum lingkungan
Pelestarian benda, bangunan, dan situs cagar budaya atau warisan budaya
Perlindungan panorama alam, tetapi terbatas pada sebagian kawasan taman nasional
Siapkan fasilitas rekreasi dan pariwisata, namun terbatas pada beberapa kawasan taman nasional
Penyiapan fasilitas pendidikan, penelitian dan pemantauan lingkungan di kawasan alam.
Dukungan untuk pengembangan dan pengembangan daerah pedesaan dan penggunaan daerah pinggiran secara rasional
Menjaga produksi daerah tangkapan air dan mencapainya sehubungan dengan tujuan lain yang sesuai.
Lakukan pengendalian erosi dan pengendapan atau sedimentasi dan lindungi juga investasi hilir.

Lihat juga: Istihsan Is

Manfaat taman nasional

Di bawah ini adalah keunggulan dari Taman Nasional:
1. Estetika

Taman nasional dapat digunakan sebagai sesuatu yang menjaga keseimbangan biotik dan abiotik di darat maupun di air.
2. Jaminan masa depan

Keragaman sumber daya alam di cagar alam baik di darat maupun di air yang menjamin pemanfaatan yang terbatas untuk kehidupan yang lebih baik bagi generasi sekarang maupun generasi mendatang.
3. Ekonomi

Taman nasional dapat dimanfaatkan sedemikian rupa sehingga memiliki nilai ekonomi yang dapat membantu meningkatkan pendapatan penduduk dan devisa negara.
4. Pendidikan dan Penelitian

Taman nasional dapat digunakan sebagai tempat pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan dan penelitian.
5. Ekologi

Taman nasional dapat menyeimbangkan biotik dan abi

 

Baca Juga :

About

You may also like...

Comments are closed.